Kabar berita terkini Viral video penampakan orang utan ‘setinggi rumah’ di Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng menelusuri informasi tersebut.
Dilansir, dari video yang beredar, orang utan berada di sebuah pohon dekat permukiman warga. Dalam video itu orang utan yang berdiri terlihat memiliki ukuran hampir setinggi rumah warga.

“Dari kemarin kita sudah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran dari media sosial dan lain-lain. Kemudian juga dari kemarin sampai hari ini teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) kami juga mencari lokasinya yang dimaksud (Kutim),” kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto, Senin (8/7/2024).

Ari belum memastikan lokasi pasti orang utan dalam video tersebut. Dia menilai informasi yang beredar masih simpang siur.

“Ya jadi masih simpang siur. Sayangnya bahwa peng-upload pertama video itu sudah men-take down upload mereka. Jadi agak susah kita mencari informasi lebih lanjut, tapi kita tetap mencari lokasi yang sesuai dengan video tersebut,” terangnya.

“Kita belum memastikan lokasinya itu ada di mana apakah di Kalimantan Timur, Kalbar, atau Kalteng. Belum bisa menentukan,” imbuhnya.

Ari menerangkan orang utan itu merupakan pejantan. Namun, terkait ukuran orang utan yang dinarasikan hampir setinggi rumah warga, menurut Ari disebabkan sudut pengambilan gambar.

“Lihat angle videonya, itu kan diambil dari bawah, kemudian juga rumah itu kita tidak tahu jaraknya seperti apa. Jadi itu karena angle aja sih pengambilan videonya juga cukup bagus. Kesannya jadi besar,” ungkapnya.