kabar berita terkini Sungguh malang nasib siswi SMK yang sedang magang di hotel Bali ini. Bukannya belajar kerja, ia malah diperkosa koki hotel dengan modus bersihkan celemek.
Seorang siswi berinisial Y (15) diduga menjadi korban pemerkosaan oleh seorang koki berinisial NGS (54). Siswi SMK negeri itu diduga diperkosa saat mengikuti program pelatihan (training) di sebuah hotel di Jalan Veteran, Denpasar, Bali pada bulan Juli lalu.

“Kasusnya persetubuhan anak di bawah umur. (Korban) disetubuhi tanggal 8 Juli 2024 dan 12 Juli 2024,” kata pengacara korban, Alit Wardika, Selasa (13/8/2024).

Menurut Alit, NGS melakukan pelecehan dengan modus membersihkan celemek korban yang kotor. Tak hanya sekali, NGS kembali mengulangi aksinya di salah satu lorong hotel saat situasi sedang sepi.

Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 8 dan 12 Juli, hotel tersebut punya hajatan dari salah seorang tamu. Semua koki sibuk melayani tamu di restoran.

Sedangkan NGS dan Y hanya berdua di dapur. Saat itulah, NGS diduga menyetubuhi Y yang masih di bawah umur di dapur.

“Karena mereka (NGS dan Y) pasti bertemu saat ada event (di hotel). Nah, kalau ada event, dia (Y) kerjanya cenderung lebih santai. Paling, bersihin sayur di dapur atau apa,” tuturnya.

NGS berstatus sebagai karyawan divisi dapur dan layanan di hotel tersebut. Ia bertindak sebagai pengawas sekaligus menilai kinerja para peserta pelatihan.

“Baru beberapa hari di sana, dia (korban) mengalami pelecehan. Waktu itu kejadian saat korban dan pelaku sedang berada di kitchen (dapur). Nah, si pelaku sebagai supervisor yang memberi nilai dan sertifikat,” ujar Alit.

Korban menjalani pelatihan sebagai koki di hotel itu sejak 12 Juni 2024. Korban seharusnya mengikuti program pelatihan itu selama enam bulan atau hingga 12 Desember mendatang.

Alit mengatakan NGS sudah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka pada 19 Juli lalu. Menurutnya, koki hotel itu dijerat Pasal 81 ayat 3 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Motifnya apa, kami belum mendapat informasi dari polisi,” pungkasnya.

Polisi Bali Buka Suara

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi membenarkan dugaan pencabulan yang dilakukan koki hotel ke siswi magang itu. Dia juga membenarkan NGS sudah diamankan.

“Ya, betul (ada kasus dugaan pencabulan),” kata Sukadi.