Ketua Fraksi PDIP di MPR RI Ahmad Basarah mengatakan mantan Ketua Komisi III DPR RI periode 2019-2024, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, menjadi perwakilan partai di pimpinan MPR RI. Basarah mengatakan Pacul memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang politik.
“Saatnya beliau hijrah ke lembaga MPR menjadi Wakil Ketua MPR, nama tokoh senior partai tersebut adalah Ir.Bambang Wuryanto, demikian,” kata Basarah kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Basarah menyebut keputusan itu sudah diambil oleh DPP PDIP. Dikatakan partainya mengemban prinsip bergiliran dalam menjalani tugas.

“Jadi begini, dari DPP PDIP sudah memutuskan setelah menugaskan saya sebagai Wakil Ketua MPR RI selama 2 periode berturut-turut, wakil ketua MPR 2014-2019 dan 2029-2024, maka saatnya berlaku asas bergiliran,” katanya.

Basarah mengatakan Pacul adalah sosok senior di partai. Bambang Pacul juga memiliki rekam politik yang panjang.

“Senior partai yang sudah cukup lama berdinamika dan berdialektika di DPR ini ya, sudah lebih 20 tahu,” ungkapnya.

Adapun besok, Rabu (2/10) MPR akan melaksanakan rapat paripurna penetapan Ketua MPR dan jajaran pimpinan. Rapat akan digelar di gedung paripurna MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat.