Tel Aviv – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu memberikan reaksi keras terhadap komentar Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, pada Minggu (18/2), yang menuduh Tel Aviv telah melakukan genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Netanyahu murka atas pernyataan Lula yang menyamakan operasi militer Israel terhadap Jalur Gaza, dengan kekejaman pemimpin Nazi, Adolf Hitler, dalam memusnahkan orang-orang Yahudi.
Seperti dilansir AFP, Senin (19/2/2024), Netanyahu dalam tanggapannya menyebut komentar Lula “memalukan dan serius”. Dia mengatakan pemerintah Israel telah memanggil Duta Besar Brasil untuk menyampaikan protes keras.

Dalam pernyataannya, Netanyahu menyebut komentar Lula sebagai bentuk “pelecehan terhadap Holocaust dan merupakan upaya untuk membahayakan orang-orang Yahudi dan hak Israel untuk membela diri”.

“Perbandingan antara Israel dengan Holocaust Nazi dan Hitler sudah melewati batas,” tegasnya.

“Israel sedang berjuang untuk mempertahankan diri dan memastikan masa depan mereka hingga mencapai kemenangan total, dan mereka melakukannya sambil menjunjung hukum internasional,” sebut Netanyahu.

“Saya telah memutuskan dengan Menteri Luar Negeri (Israel) Katz untuk memanggil Duta Besar Brasil di Israel untuk menyampaikan teguran segera,” ucapnya.