Dua orang turis New Zealand membuat Thailand gempar. Turis itu menyerang seorang polisi sampai menyita senjatanya.
Dilansir dari ABC pada Rabu (20/3/2024), dua turis itu bernama Hamish Art Day (36) dan Oscar Matson Day (34). mereka menyerang petugas bernama Somsak Noo-iad di Phuket.

Menurut penyelidikan, petugas Somsak menghentikan dua turis itu karena mengemudi secara sembrono. Somsak kemudian mencoba mengambil foto dan bukti identitas.

Tampaknya turis Hamish dan Oscar merasa terancam. Mereka kemudian menyerang Somsak dan merebut handphonenya. Tak tanggung-tanggung, Somsak bahkan dipukuli di pinggir jalan.

Seorang dari antara pelaku kemudian menghimpit Somsak agar ia tidak bisa bangun. Turis yang lain mengambil pistol Somsak dan menodongkan ke arah polisi.

Dua orang itu pun akhirnya mendekam di kantor polisi. Tidak hanya itu, visa dicabut, mereka juga dilarang masuk ke Thailand sampai penyelidikan selesai.

Dua turis itu didakwa dengan tuduhan perampokan, menghalangi tugas polisi, penyerangan fisik terhadap polisi, mengemudi tanpa SIM, dan penyuapan.

Pelaku dan pengacara tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar oleh Reuters. Keluarga dari pelaku mengaku kecewa dan minta agar kasusnya ditangani secara privat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan mengatakan pejabat konsulat telah memberikan bantuan kepada keluarga dari dua turis yang ditangkap tersebut.