Kabar Berita Terkini Warga Desa Banyumekar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang digegerkan dengan adanya buaya muara yang nyasar ke kolam ikan. Buaya tersebut diduga berasal dari sungai yang berada di dekat permukiman.
“Iya ada laporan warga di Banyumekar ada buaya yang naik dari sungai ke kolam masyarakat,” kata Kepala Resor Konservasi Wilayah III pada Kantor BKSDA Serang, Tuwuh Rahadianto Laban saat dikonfirmasi, Minggu (23/6/2025).

Tuwuh mengatakan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (22/6) kemarin. Ia bersama dengan warga kemudian melakukan evakuasi terhadap buaya muara atau dalam bahasa latin bernama Crocodylus porosus tersebut.

“Sama warga kolam ditutup agar buaya tidak keluar,” katanya.

Ia menduga buaya yang memiliki panjang kurang lebih dua meter tersebut berasal dari sungai. Menurutnya, buaya tersebut masuk ke kolam karena untuk mencari makan.

“Ada kemungkinan buaya dari aliran sungai terus buaya ke situ, cuman memang kita harus telusuri lebih jauh,” katanya.

Tuwuh mengungkapkan tak ada kerugian material dan juga korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kini buaya sudah ada di kantor Resor Konservasi Wilayah III pada Kantor BKSDA Serang.

“Sudah dievakuasi ke kantor, rencana mau dititipkan ke lembaga konservasi di Bogor untuk perawatan lebih lanjut,” imbuhnya.