Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim) besok Senin 29 Juli 2024. Hari ini Jokowi akan terbang dan bermalam di IKN dengan Ibu Negara Iriana Jokowi.
Hal ini diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana. Rencananya sejak hari ini akan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan Jokowi di IKN.

Mulai dari peresmian Jembatan Pulau Balang, peninjauan dan peresmian jalan tol IKN, meninjau pembangunan Kantor Presiden, hingga meninjau kesiapan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024 mendatang.

“Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan Bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara,” kata Yusuf kepada wartawan, Minggu (28/7/2024).

Yusuf juga mengatakan kemungkinan Jokowi bakal berkantor di IKN selama sekitar 3 hari. Hanya saja, dia belum mengkonfirmasi soal rencana Sidang Kabinet di ibu kota baru.

Seperti diketahui, proyek Pembangunan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung sepenuhnya. Ini akan menjadi tempat kerja utama Jokowi selama di ibu kota baru.

Penyelesaian pembangunan Kantor Presiden IKN ini ditandai dengan pemasangan bilah sayap burung garuda Kantor Presiden pada Minggu malam, 21 Juli 2024.

Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi atau topping off dilakukan di Sayap Barat Selubung Garuda. Prosesi ini dituntaskan dengan pemasangan bilah ke-4.650 di bangunan yang berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN itu.

“Alhamdulillah, malam ini kita akan melakukan pemasangan bilah ke-4.650 yang menandai selesainya pembangunan garuda kita,” kata Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, dalam keterangan video yang dibagikan Biro Komunikasi Kementerian PUPR, dikutip Senin (22/7/2024) kemarin.

Pemasangan bilah garuda sendiri dilakukan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 September 2023. Burung Garuda Raksasa ini dirancang dengan bentang sayap sepanjang 177 meter dan tinggi 77 meter.